Berikut Tutorial langkah-langkah prosedur E Cleaning secara tertulis:

 

Alat yang dibutuhkan:

 

CPU-N

images

1 (satu) sachet bubuk e-cleaning powder 

cleaning powder

Sebuah gelas kosong

gelas kosong

Berikut langkah-langkahnya:

0. Pastikan Mesin Kangen Water dalam keadaan mati dan cabut listriknya.

1. Buka CPU-N lalu Isi dengan satu sachet cleaning powder, kemudian tutup lagi dengan kencang.

2. Buka bagian dalam cover mesin yang menutupi ruangan filter Kangen Water (cover berwarna hitam pada mesin kangen water, tekan bagian samping cover hitam tersebut yang bertuliskan “PUSH” untuk membuka cover tsb).  Buka pengunci filter dengan memutar pengunci tersebut searah tulisan “REMOVE”, angkat lalu cabut filternya, taruh di tempat yang aman. (catatan: lihat di bagian bawah filter, pastikan 2 buah karet berwarna hitam yang berukuran besar dan kecil (yang disebut RING O) tetap melekat di bagian bawah filter.

3. Ambil CPU-N yang tadi telah dimasukkan bubuk cleaning powder. Lihat bagian bawah CPU-N, pastikan 2 buah RING O tetap melekat di CPU-N, lalu gantikan posisi filter mesin yang telah dicabut tadi dengan CPU-N. Pasang pengunci filter searah tulisan “INSTALL” untuk mengencangkan posisi CPU-N agar tidak bergeser.

4. Nyalakan keran air (catatan: hanya keran air yang menyala, sedangkan mesin masih dalam keadaan mati), biarkan air mengalir keluar selama kira-kira 10 detik.

5. Masukkan ujung pipa atas dan ujung pipa bawah ke dalam gelas, kemudian nyalakan kembali keran air, biarkan air mengisi gelas sampai setengahnya, kemudian matikan keran air. Diamkan proses ini selama 3-5 jam atau lebih (disarankan untuk melakukan proses ini pada malam hari sebelum tidur, agar proses ini bisa dilakukan semalaman). Pada proses ini bubuk e-cleaner akan membersihkan seluruh bagian dalam elektroda mesin dari deposit mineral yang melekat, sehingga pelat elektroda tersebut dapat menjadi bersih kembali.

6. Setelah 3-5 jam atau jika anda mendiamkannya semalaman, besok paginya, angkat gelas rendaman tersebut. Nyalakan keran air kembali. Biarkan air mengalir keluar selama beberapa menit (sekitar 5 menit) untuk membuang sisa-sisa deposit yang tadinya melekat di pelat elektroda kangen water. (deposit berwarna putih tersebut sebenarnya adalah mineral kalsium dan mangnesium yang tidak berbahaya jika terminum.)

7. Matikan keran, lepaskan CPU-N, lalu gantikan kembali dengan filter Kangen Water seperti sediakala. Nyalakan kembali keran air, biarkan air mengalir selama beberapa menit (sekitar 5 menit atau lebih) sampai air benar-benar bersih dari deposit mineral berwarna putih yang kini telah terlepas semua dari pelat elektroda.

8. Proses selesai, pasang kembali filter cover mesin (yang berwarna hitam).

9. Mesin boleh dinyalakan dan digunakan lagi seperti biasa. Jika anda mendapati air Kangen Water yang dihasilkan masih mengadung sisa deposit berwarna putih, buang airnya sampai airnya bersih kembali. (catatan: deposit tersebut adalah mineral kalsium yang tidak berbahaya jika terminum)

10. Bilas CPU-N dengan bersih setelah selesai digunakan. Pastikan CPU-N benar-benar kering sebelum anda menyimpannya kembali. Simpan di tempat yang kering dan bebas debu.

11. Proses selesai.

 

Berikut Video Cara E Cleaning Mesin Kangen Water